Senin, 10 Oktober 2011

Learning point kuliah metode pembelajaran #1

"pendidikan adalah usaha untuk mengubah perilaku, tidak hanya untuk memindah pengetahuan''
metode yang diterapkan dalam pembelajaran tidak akan lepas dari psikologi belajar. GRAND THEORY dalam psikologi belajar: 
  1. cognitive theory,substansi belajar: pemrosesan informasi, belajar itu harus memiliki makna/arti (Insightfull Learning)
  2. social cognitive theory,substansi belajar: modelling , vicarious learning  
  3. behavioral theory, substansi belajar: proses selecting and collecting (memilih respon yang tepat untuk stimulus tertentu) sehingga pada proses ini sering terjadi Trial and Error  
  4. konstuktivis, substansi belajar: mengkonstruksi/ menyusun informasi yang diperoleh, dan di hunbungkan dengan prior knowledgenya sehingga mengubah skema awal menjadi skema baru
  5. humanis, substansi belajar: cara belajar ini harus memperhatikan personal differences, sehingga dapat mengembangkan kemampuan setiap individu. 
bedanya Cognitive Theory dan  Konstruktivis apa ya?
Cognitive Theory
Constructive Theory
·      Konsentrasi terhadap ranah cognitive
·      Umumnya makna atau arti dari yang dipelajari atau diajarkan oleh guru (pengembangannya lebih pada ke ranah kognitif saja)
       Proses penyusunannya tidak hanya berdasarkan pada kognisi saja tapi juga bisa melalui pengalaman, discovery learning, perasaan-peraasan (diluar ranah kognitive)