"pendidikan adalah usaha untuk mengubah perilaku, tidak hanya untuk memindah pengetahuan''
metode yang diterapkan dalam pembelajaran tidak akan lepas dari psikologi belajar. GRAND THEORY dalam psikologi belajar:
- cognitive theory,substansi belajar: pemrosesan informasi, belajar itu harus memiliki makna/arti (Insightfull Learning)
- social cognitive theory,substansi belajar: modelling , vicarious learning
- behavioral theory, substansi belajar: proses selecting and collecting (memilih respon yang tepat untuk stimulus tertentu) sehingga pada proses ini sering terjadi Trial and Error
- konstuktivis, substansi belajar: mengkonstruksi/ menyusun informasi yang diperoleh, dan di hunbungkan dengan prior knowledgenya sehingga mengubah skema awal menjadi skema baru
- humanis, substansi belajar: cara belajar ini harus memperhatikan personal differences, sehingga dapat mengembangkan kemampuan setiap individu.
bedanya Cognitive Theory dan Konstruktivis apa ya?
Cognitive Theory | Constructive Theory |
· Konsentrasi terhadap ranah cognitive · Umumnya makna atau arti dari yang dipelajari atau diajarkan oleh guru (pengembangannya lebih pada ke ranah kognitif saja) | Proses penyusunannya tidak hanya berdasarkan pada kognisi saja tapi juga bisa melalui pengalaman, discovery learning, perasaan-peraasan (diluar ranah kognitive) |